Memperingati Hari Internet Aman Sedunia, KKN MIT ke IX Adakan Penyuluhan Internet Sehat

Pilangsari.desa.id – Dalam rangka memperingati Hari Internet Aman Sedunia, Mahasiswa posko 38 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke IX UIN Walisongo mengadakan Penyuluhan Internet Sehat untuk anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, Pilangsari, Selasa (11/2).

Koordinator acara Aini Irmadana menyampaikan bahwa pengguna internet kini tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak.

“Sekarang anak-anak saja sudah punya smartphone, tidak menutup kemungkinan mereka juga menggunakan internet,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Aini, selain untuk memperingati Hari Internet Aman Sedunia, penyuluhan ini ditujukan juga agar anak-anak lebih bijak menggunakan internet.

“Menggunakan internet tidak dilarang, tetapi harus tetap pada pengawasan, serta batasan terutama dari diri sendiri,” lanjutnya.

Ia menambahkan salah satu contohnya ketika anak-anak mencari kata kunci di internet, alangkah baiknya mereka menggunakan www.kiddle.com, bukan www.google.com

“Kalau pakai google, nanti bisa keluar semua, kalau kiddle itu konten yang keluar khusus anak-anak, jadi lebih aman,” ucapnya.

Kepala MI Miftahul Huda Pilangsari Maskuri menyampaikan bahwa penyuluhan ini sangat bermanfaat untuk muridnya, karena maraknya pengguna internet bahkan anak-anak.

“Setidaknya mereka lebih memahami dampak positif dan negatif dari internet. Saya rasa untuk anak-anak justru lebih banyak dampak negatifnya,” katanya.

Salah satu peserta penyuluhan Alisa Safina merasa senang dengan adanya penyuluhan ini.

“Saya sendiri belum terlalu sering menggunakan internet, tapi dengan adanya penyuluhan ini saya jadi tahu bagaimana menggunakan internet dengan bijak,” pungkas anak kelas 6 itu.

 

Post by Admin

About pilangsari 4 Articles
JA'FAR SODIQ

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan